Ini Perbedaan Genteng Kwalitas 1 dan Kwalitas 2 yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Genteng Sokka

Perbedaan genteng kwalitas 1 dan kwalitas 2 - Sering bingung ngga sih, membedakan genteng sokka kwalitas 1 dan kwalitas 2? Genteng kwalitas 1 dan kwalitas 2 ini kadang juga disingkat menjadi kw1 dan kw2. Kadang juga genteng kwalitas 1 dan kwalitas 2 ini disebut juga genteng nomor 1 dan nomor 2.  Meski sama-sama genteng sokka kebumen keduanya berbeda secara kekuatan dan kecerahan warnyanya, lho. Apa saja perbedaan genteng kwalitas 1 dan kwalitas 2?


Pada dasarnya genteng kwalitas 1 dan kwalitas 2 terbuat dari genteng yang sama. Mulai dari pengolahan bahan baku sampai pengeringan melalui proses yang sama. Perbedaan keduanya cuma di posisi saat pembakarannya saja. Jangan sampai salah membeli, ya. 

Agar tidak bingung, berikut perbedaan genteng kwalitas 1 dan kwalitas 2.

Posisi Tempat Pembakaran

Posisi pembakaran genteng kwalitas 1 berada di tengah sedangkan kwalitas 2 berada di bagian atas. Urutan posisi di pembakaran adalah paling bawah tatanan bata, ini digunakan juga sebagai tungku. Selanjutnya atasnya ada kwalitas doreng, untuk harga kwalitas doreng sama seperti kwalitas 2. Lalu atasnya lagi ada kwalitas 1, kwalitas 1 ini juga ada yang merah ada yang kuning. Dipaling atas ada kwalitas 2.

Warna

Genteng kwalitas 1 berwarna cerah sedangkan kwalitas 2 berwarna agak pucat. Karena tingkat kematangan kwalitas 2 lebih rendah maka warna gentengnya menjadi agak pucat. Kwalitas 1 juga dibagi menjadi 2 macam, kwalitas 1 merah dan kwalitas 1 kuning. Genteng kwalitas 1 merah memiliki warna kuning merata sedangkan kwalitas 1 merah memiliki garis garis kemerahan. Lalu untuk kwalitas doreng memiliki warna merah garis garis hitam.

Tingkat Kematangan

Karena berada di posisi atas tingkat kematangan untuk kwalitas 2 lebih rendah daripada kwalitas 1. Kwalitas 1 memiliki tingkat kematangan yang sedang. Sedangkan untuk yang paling matang adalah kwalitas doreng.

Kekuatan

Kekuatan genteng kwalitas 1 dan kwalitas 2 hampir sama. Keduanya sama sama kuat diinjak, namun kekuatan kwalitas 2 lebih rendah daripada kwalitas 1. Kekuatan ini dikarenakan tingkat kematangan seperti dijelaskan point diatas. Karena tingkat kematangan kwalitas 2 lebih rendah maka kekuatan gentengnya juga kurang. Cara mudah mengeceknya dengan mengetuk gentengnya. Kwalitas 1 berbunyi ting ting ting, sedangkan kwalitas 2 berbunyi tong tong tong. Untuk genteng yang paling kuat tentunya jenis doreng.

Harga

Dari sisi harga genteng sokka kwalitas 1 dan kwalitas 2 selisih kurang lebih Rp200. Genteng kwalitas 2 lebih murah dibandingkan genteng kwalitas 1 kurang lebih Rp200. Sedangkan untuk kwalitas doreng harganya sama seperti kwalitas 2.

Itulah perbedaan genteng kwalitas 1 dan kwalitas 2. Jadi anda bisa mengukur kebutuhan yang sesuai dana yang anda miliki

1 komentar:

Terimakasih